Monday, November 13, 2000

Keluarga Anggrek-angrekan

Keluarga anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu keluarga tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota keluarga ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (keluargalen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap

Orchidaceae seiring dengan Asteraceae , mereka adalah salah satu dari dua keluarga terbesar tanaman berbunga , dengan antara 21.950 dan 26.049 spesies yang saat ini diterima , ditemukan 880 genera (genus atau marga). Memilih mana dari dua keluarga yang lebih besar masih dalam perdebatan , . sebagai angka konkret pada keluarga besar tersebut terus ditingkatkan . Apapun, jumlah spesies anggrek sama lebih dari dua kali jumlah jenis burung , dan sekitar empat kali jumlah spesies mamalia . Keluarga juga mencakup sekitar 6-11 % dari semua tanaman benih. genera terbesar adalah Bulbophyllum ( 2.000 spesies ) , Epidendrum ( 1.500 spesies ) , Dendrobium ( 1.400 spesies ) dan Pleurothallis ( 1.000 spesies ) .

Keluarga juga termasuk Vanilla ( genus tanaman vanili ) , Orchis (tipe genus ) , dan banyak tanaman yang biasa dibudidayakan seperti Phalaenopsis dan Cattleya . Selain itu , sejak diperkenalkannya spesies tropis di abad ke-19 , horticulturists telah menghasilkan lebih dari 100.000 hibrida dan kultivar .

No comments:

Post a Comment